Thursday, January 15, 2015

20 Aplikasi Android yang Sangat Berguna


Salah satu keunggulan memiliki smartphone Android ialah banyaknya aplikasi yang tersedia di Play Store, ada yang bisa didownload secara gratis dan ada yang mengharuskan user membayar untuk bisa didownload. Tapi dari semua aplikasi android yang tersedia, Penulis akan memaparkan 20 aplikasi android terbaik yang sangat berguna untuk anda. Beberapa aplikasi di bawah mengharuskan anda memiliki smartphone yang sudah dalam keadaan root. Untuk mengetahui cara melakukan root klik disini.
Berikut nama-nama ke-20 aplikasi tersebut, status di Play Store, butuh tidaknya root, screenshot, deskripsi, serta link download:

1.    Avast Mobile Security – FreeRoot (for Anti-Theft)
Siapa yang tidak kenal salah satu anti-virus ternama ini? Sebelumnya avast dikenal untuk penggunaan di PC dan sekarang sudah merambah ke dunia smartphone. Selain untuk mendeteksi virus pada smartphone, Avast Mobile Security memiliki beberapa program lainnya yang tak kalah hebatnya, yaitu:
-App Locking:   Tidak ingin pesan masuk anda atau aplikasi-aplikasi lainnya dibuka oleh orang iseng? App Locking solusinya, cukup memilih aplikasi yang akan dikunci lalu pasang password-nya, dijamin orang yang meminjam smartphone anda tidak akan bisa melakukan hal-hal yang iseng.
-SMS & Call Filter:  Berfungsi untuk memblokir nomor-nomor yang tidak diinginkan untuk masuk (panggilan masuk akan disibukkan), tapi anda bisa melihat pesan dan panggilan masuk dari nomor tersebut di Global Log.
-Anti-Theft:  Program andalan avast yang berfungsi untuk menemukan kembali smartphone anda yang hilang akibat dicuri. Dengan mengirimkan sebuah kata “perintah” ke nomor smartphone anda, smartphone bisa membunyikan suara sirine yang nyaring, melacak lokasi smartphone, “membekukan” smartphone, dan hal lainnya. Bahkan apabila si pencuri mengganti sim card-nya, avast bisa mengantisipasinya dengan cara diam-diam mengirimkan sms ke nomor yang telah anda daftarkan sebelumnya. Jadi dari sms tersebut, anda dapat mengetahui nomor baru si pencuri dan anda bisa mengirimkan kata “perintah” ke nomor tersebut.
Download: Avast Mobile Security

2.    Blackmart – Not available on Play Store Non-root
“Pasar Hitam” lebih tepatnya “Pasar Gelap”. Dari namanya pasti ada yang sudah mengira aplikasi ini berhubungan dengan sesuatu yang berbau bajakan? Yep, aplikasi ini berfungsi untuk mendownload aplikasi. Loh, apa bedanya dengan Play Store? Nah disini-lah letak “gelap”-nya, aplikasi ini memungkinkan anda untuk mendownload aplikasi-aplikasi berbayar yang ada di Play Store. Cukup search dan instal.
Download: Blackmart

3.    Greenify – Free Root (for better performance)
Bagi yang menggunakan smartphone-nya untuk main game berkualitas tinggi, pasti paham bahwa makin banyak aplikasi lain terbuka, makin lag-lah sebuah game. Kadang menutup aplikasi saja tidak cukup, karena walaupun sudah ditutup pemberitahuan aplikasi tersebut akan muncul sewaktu-waktu. Greenify berfungsi untuk men-senyapkan beberapa aplikasi lain yang berjalan dan melegakan kapasitas RAM, sehingga memungkinkan game anda berjalan dengan lancar.
Download: Greenify

4.    File Manager (Root Explorer – Paid Root atau Astro File Manager – Free Non-root)
Sama seperti windows explorer yang digunakan untuk PC, Root Explorer berfungsi untuk menjelajahi folder dan file yang berada dalam memori internal dan eksternal smartphone. Menjelajahi dalam artian anda bisa menugutak-atik file-file yang ada dalam smartphone, copy, paste, edit, dan semacamnya, termasuk file system (expert only). Bagi anda yang tidak melakukan root, anda bisa menggunakan Astro File Manager, tapi aplikasi itu hanya bisa mengakses file memori eksternal saja.

5.    JuiceDefender – Free Non-root
Salah satu kelemahan smartphone ialah baterainya yang cepat habis. Nah aplikasi ini berfungsi untuk mempertahankan status baterai anda selama mungkin atau seefisien mungkin. Bukan berarti menambah status baterai anda, tetapi mencegahnya terkuras dengan cepat dengan cara otomatis meredupkan layar, mematikan koneksi wifi/seluler, dan semacamnya. Anda bisa menyetelnya untuk aktif secara otomatis apabila persentase status baterai mencapai titik tertentu.
Download: JuiceDefender

6.    Kamusku – Free Non-root dan KBBI – Free Non-root
2 aplikasi buatan negeri sendiri ini cukup berguna buat anda. Kamusku untuk penerjemahan kata Inggris-Indonesia dan sebaliknya Indonesia-Inggris. Sedangkan KBBI untuk mendefinisikan arti dari suatu kata.
Download: Kamusku dan KBBI

7.    Link2SD – Free Root (for better performance)
Salah satu masalah pengguna smartphone ialah tidak memanfaatkan kartu SD dengan baik yang menyebabkan memori internal cepat penuh karena menginstal terlalu banyak aplikasi. Padahal sebenarnya, aplikasi-aplikasi tersebut bisa dipindahkan ke kartu SD. Umumnya aplikasi terinstal langsung disimpan di memori internal. Dengan menggunakan Link2SD anda bisa memindahkan aplikasi yang tersimpan di memori internal anda ke kartu SD (eksternal). Namun, data-data aplikasi tersebut tetap tersimpan di memori internal. Sebagai contoh seperti aplikasi BBM atau Line, walaupun aplikasinya sudah dipindahkan ke kartu SD, tetapi data-datanya yang besarnya berkisar 50MB tetap tersimpan di memori internal, 50MB adalah masalah yang besar buat pengguna smartphone yang memiliki kapasitas penyimpanan kecil. Untuk mengatasi hal tersebut anda memerlukan root dan kartu SD yang sudah dipartisi. Penjelasan lebih mengenai cara melegakan memori internal klik disini.
Download: Link2SD

8.    Lucky Patcher – Not available on Play Store Root
Beberapa aplikasi ada yang bisa didownload secara gratis, tetapi di dalamnya menawarkan versi pro yang hanya bisa didapatkan kalau sudah membayar. Fungsi utama dari Lucky Patcher ini adalah mengubah aplikasi versi biasa tersebut menjadi versi premium/plus/pro. Namun tidak semua aplikasi bisa di-patch, ada beberapa aplikasi yang tidak bisa di-patch (biasanya aplikasi dengan update-an terbaru).
Download: Lucky Patcher

9.    musiXmatch – Free Non-root
Suka dengar musik? Mau nyanyi, tapi gak tau lirik lagunya? Atau terlalu malas buka browser untuk cari lirik lagunya? musiXmatch solusinya. Jika sudah terinstal, anda cukup memainkan sebuah lagu dari smartphone anda dan jangan lupa aktifkan koneksi internet anda, dengan sendirinya widget musiXmatch akan muncul lengkap dengan lirik lagu yang dimainkan. Mau lagu barat, indonesia, atau jepang, semuanya lengkap. Tapi dengan syarat, musiXmatch hanya bisa memproses file lagu yang jelas asal muasalnya, kalau lagunya sendiri berjudul “Track 3.mp3” atau “bwbdu23ib27.mp3” ya tidak bisa kedapat lirik lagunya.
Download: musiXmatch

10.  MX Player – Free Non-root
Terkadang pemutar video bawaan smartphone tidak bisa mengenali ekstensi file video tertentu misalnya .flv, .mkv, dan semacamnya. MX Player adalah aplikasi pemutar video terbaik yang bisa mengenali hampir semua jenis ekstensi video.
Download: MX Player

11.  Notebooks Pro – Paid Non-root
Bagi anda yang suka membuat catatan di smartphone, Notebooks Pro hadir dengan tampilan yang menarik dan beberapa fitur berguna lainnya. Anda bisa membuat beberapa catatan anda tampak seperti buku, sehingga tampak seperti anda memiliki perpustakaan sendiri dalam smartphone.
Download: Notebooks Pro

12.  Office Suite Pro – Paid Non-root
Aplikasi ini semacam Microsoft Office yang khusus untuk smartphone. Aplikasi ini bisa mengenali ekstensi file word, excel, powerpoint, pdf, dan txt, serta memungkinkan anda untuk mengedit file-file tersebut. Fungsi-fungsi yang ada di dalam tidak selengkap Microsoft Office, tapi setidaknya memudahkan anda untuk membaca file-file tersebut hanya dengan lewat smartphone anda.
Download: Office Suite Pro

13.  One Click RAM Cleaner – Paid Non-root
Aplikasi pembersih RAM yang paling ringan kapasitasnya. Jika smartphone anda terasa lambat akibat banyaknya aplikasi yang terbuka, hanya dengan sekali klik semua aplikasi tersebut akan berhenti bekerja sehingga dapat mengoptimalkan kembali kinerja RAM anda.
Download: One Click RAM Cleaner

14.  Smart Tools – Paid Non-root
Smart Tools merupakan aplikasi yang mirip dengan pisau lipat. Kemiripan dalam hal banyaknya fungsi yang ia tawarkan. Beberapa diantaranya adalah bisa digunakan untuk mengukur jarak, mengukur derajat, konversi segala unit (meter ke kilometer, ton ke gram, dsb), mengukur suara, sebagai senter, sebagai kompas, dan beberapa hal lainnya.
Download: Smart Tools

15.  Titanium Backup – Free Root
Aplikasi ini tidak asing bagi anda yang suka mengutak-atik smartphone. Titanium Backup berfungsi untuk membuat file cadangan dari aplikasi-aplikasi yang anda punya termasuk file system ke kartu SD. File ini bisa anda simpan di PC sebagai cadangan. Jika anda sengaja atau tidak sengaja, melakukan reset factory atau anda memiliki smartphone yang baru, namun anda ingin mengembalikan aplikasi-aplikasi anda yang jumlahnya puluhan. Anda hanya cukup instal Titanium Backup, dan biarkan sisanya ia yang mengerjakan. Dengan fungsi restore, aplikasi-aplikasi yang sudah anda cadangkan akan kembali ke smartphone anda lengkap dengan data-datanya. Jadi anda tidak perlu menghabiskan kuota untuk mendownload ulang semua aplikasi anda.
Download: Titanium Backup

16.  TrackID – Free Non-root
Pernah dengar lagu di radio atau tv, tapi gak tau judul lagunya apa? Mau cari di google, tapi gak tau liriknya bagaimana? TrackID yang anda butuhkan. Cukup tekan tombol power-nya sekali dan dekatkan ke sumber suara. Kurang dari 10 detik aplikasi ini akan menampilkan judul lagu dan nama penyanyi dari lagu yang sementara anda dengar, jangan lupa aktifkan koneksi internet. Selain untuk mengidentifikasi lagu, TrackID juga menampilkan chart lagu yang sedang populer.
Download: TrackID

17.  Traffic Monitor – Free Non-root
Pernah menggunakan internet secara berlebihan dan terlambat menyadari bahwa kuota anda sudah habis? Imbasnya pulsa-pun ikut tersedot. Traffic Monitor berfungsi untuk membatasi pemakaian internet. Apabila sudah mendekati batas target pemakaian, sebuah notifikasi akan muncul untuk mengingatkan. Jadi dengan aplikasi ini, anda bisa mengatur pemakaian internet anda secara harian, mingguan, atau bulanan. Selain fungsi di atas, aplikasi ini juga bisa mengukur kecepatan internet anda.
Download: Traffic Monitor

18.  UC Browser – Free Non-root
Jika anda mencari browser mobile terbaik, UC Browser-lah jawabannya. Mendukung flash player, memiliki “incognito” mode untuk berselancar lebih aman, serta beberapa fitur lain. Tapi manfaat yang paling terasa dari aplikasi ini, yaitu kecepatan download-nya. Menggunakan sistem cloud download yang dapat mampu menyamai dan bahkan melebihi kecepatan download lewat IDM jika anda menggunakan PC. Bisa dikatakan bahwa UC Browser adalah IDM untuk smartphone.
Download: UC Browser

19.  Wolfram Alpha – Paid Non-root
Wolfram Alpha adalah sebuah mesin penjawab online yang sangat canggih. Aplikasi ini bisa menyelesaikan persoalan matematika secara sistematis/berurut yang tidak bisa dipecahkan hanya dengan menggunakan kalkulator. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai macam simbol yang digunakan dalam rumus matematika. Selain bisa menjawab soal matematika, Wolfram Alpha juga bisa menjawab pertanyaan dari bidang ilmu apa saja, dengan catatan anda harus menginput pertanyaannya dengan menggunakan bahasa inggris.
Download: Wolfram Alpha

20.  ZArchiver Pro – Paid Non-root
Sedang mendownload file tapi ternyata filenya dalam bentuk .zip, .rar, .7z, dan anda tidak bisa mengekstraknya kecuali lewat PC (winrar)? ZArchiver Pro bisa mengekstrak file apa saja yang telah dikompres dan begitu juga sebaliknya bisa mengkompres file-file ke dalam bentuk .zip atau .7z.
Download: ZArchiver

Itulah tadi 20 aplikasi android terbaik versi Penulis. Sebagai catatan, beberapa Link download di atas akan diarahkan langsung ke Play Store untuk aplikasi yang gratis. Untuk aplikasi berbayar akan diarahkan ke dropbox. Jika aplikasi yang anda download tidak dapat diinstal di smartphone anda, ikuti langkah berikut: settings > security > unknown resources (centang pilihan ini). Sistem keamanan aplikasi ini merupakan upaya dari smartphone anda untuk tidak sembarangan menginstal aplikasi yang berasal dari luar Play Store yang berpotensi sebagai virus.

No comments:

Post a Comment